Perbedaan Event Planner, Event Management, dan Event Production

Event productionSaat kita ingin menyelenggarakan suatu acara apalagi jika acara tersebut tergolong sebagai sebuah acara besar, maka yang terlintas di benak kita pasti ribetnya penyelenggaraan acara tersebut. Suatu acara yang baik memerlukan konsep yang menarik dan eksekusi yang brillian. Komponen-komponen yang ada di dalam acara ada banyak, dan semuanya tidak boleh sampai ada yang terlewat. Solusi terbaik untuk memastikan acara berjalan dengan lancar adalah dengan menyewa jasa tenaga professional yang sudah terbiasa berkecimpung di bidangnya.

Jika kita diminta untuk menyewa tenaga professional dalam penyelenggaraan acara, maka yang langsung terbayang adalah event organizer. Yap, sekarang sudah ada banyak jasa event organizer terutama di kota-kota besar. Dari layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan event organizer, kita pasti pernah menjumpai beberapa istilah seperti event management, event planner, dan event production. Meski sekilas seperti sama, namun semuanya merupakan hal yang berbeda. Mungkin kita akan bingung untuk memilih tawaran yang ada, antara event management dan event planner, ataukah event production.

Di kesempatan kali ini, yuk kita bahas perbedaan dari ketiganya agar kita lebih memahami yang mana yang jadi kebutuhan kita.

Event Planner

Pertama, mari kita bahas mengenai event planner. Dari namanya saja sebenarnya kita sudah bisa mendefinisikan job desc atau tupoksi dari event planner ini. Layanan event planner ini berkaitan dengan detail dari acara yang akan diselenggarakan. Mulai dari perencanaan event seperti pemilihan venue acara, pemilihan hidangan yang disajikan, hiburan yang ditampilkan, pengisi acara, apa saja pendukung acara, hingga detail terkecil seperti dekorasi yang akan dipasang. Event planner juga akan berurusan dengan berbagai ide kreatif, gagasan, konsep menarik, dan keinginan kita untuk kemudian diimplementasikan ke dalam acara namun harus tetap sesuai dengan rencana anggaran yang ada. Karena itu nantinya mereka juga yang akan bernegosiasi kepada vendor-vendor terkait.

Event Management

Sementara Event management memiliki tanggung jawab dalam memastikan event berjalan dengan lancar mulai dari awal hingga akhir. Event management mengatur jalannya acara, mulai dari penyediaan tempat parkir, keamanan selama event berlangsung, orang-orang yang bertugas dalam event. Bahkan antisipasi dari masalah yang akan muncul.

Event Production

Lalu, apa itu event production? Event production bertugas membuat karya-karya kreatif, seperti membuat animasi serta multimedia lain yang mendukung acara, membuat panggung, booth, backdrop, penanganan masalah sound and lighting, hingga dokumentasi. Sehingga bisa dibilang event production lebih berkaitan dengan masalah pembuatan perlengkapan serta properti acara. Nah, tahukah Anda bahwa Redline Communication merupakan one-stop service event organizeryang menangani baik event planner, event management, dan event production? Tidak heran bila Redline Communication dipercaya banyak pihak menangani berbagai macam acara karena layanannya yang lengkap dan professional. Ditangani oleh para tenaga yang sudah berpengalaman, Anda tidak perlu khawatir karena nyaris semua elemen acara Anda akan di-handle dengan baik. Anda tertarik menggunakan jasanya juga? Kunjungi www.redlinecomunication.com atau kontak langsung Redline Communication yang berbasis di kota Padang untuk tahu info lebih lanjut mengenai layanan one-stop service event organizer mereka!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top