Bermitra Dengan Komunitas Membangun Brand

Komunitas memang bukan seperti media advertising atau media house yang bisa kita kontrol 100%. Namun sudah pasti bahwa berpromosi menggunakan media house seperti TV atau Radio membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itulah dengan kehadiran komunitas bisa mendukung brand awareness khususnya di tataran below the line.

Awalnya, komunitas itu muncul karena ada rasa cinta dan kebanggaan yang sama terhadap sebuah brand dan produk yang mereka gunakan. Atas dasar tersebut maka lahirlah banyak komunitas dengan aktifitas yang tak terbatas. Nah! Pihak principal melalui agency biasanya diminta untuk mengelola komunitas sebagai perpanjangan dari aktifitas brand yang diturunkan dalam aktifitas events show dan Corporate Social Responsibilities (CSR).

Bermitra dengan Komunitas

Komunitas sejatinya tetaplah diisi oleh orang dan bukan mesin. Perlu membangun rasa percaya antara agency dengan komunitas. Pahami tujuan bersama antara komunitas dengan agency adalah sama-sama untuk membesarkan brand. Untuk membesarkan brand melalui komunitas itu butuh biaya. Umumnya dana tersebut dikelola oleh agency agar lebih terarah dan terukur. Untuk itu perlu kemitraan dan kesepakatan bahwa aktifitas komunitas itu lebih fokus kepada aktifitas CSR dan agency menyebarluarkan kegiatan tersebut ke ranah yang lebih luas yaitu melalui media massa dengan membawa pesan bahwa brand turut membangun fasilitas untuk warga yang kekurangan dibantu oleh komunitas.

Pahami bersama antara komunitas dengan agencybahwa tujuannya adalah bersama-sama membangun brand

Kegiatan CSR yang dilakukan komunitas sangat membantu nilai sebuah brand. Komunitas dapat berperan sebagai brand advocator sangat membantu orang lain untuk lebih memahami nilai dan aktifitas brand. Dalam hal ini, kemampuan komunitas untuk berinteraksi dengan warha menjadi poin tersendiri yang tidak akan ditemui di medium lainnya.

Di Indonesia sudah banyak komunitas yang tumbuh dan berkembang. Namun ada juga komunitas yang tidak aktif lagi. Tidak aktif tersebut biasanya terjadi karena brandsudah tidak lagi mendukung aktifitas komunitas atau komunitas tersebut sudah merasa jenuh.

Membangun komunitas itu perlu konsistensi dan keterbukaan. Pahami bersama antara komunitas dengan agency bahwa tujuannya adalah bersama-sama membangun brand dengan aktifitas yang menyenangkan. Mengapa menyenangkan? Karena komunitas itu senang berkumpul dan melakukan kegiatan yang bersifat sosial.

Key Points

  • Komunitas adalah mitra brand yang berpotensi untuk menambah (extended) nilai-nilai brand
  • Komunitas gemar melakukan aktifitas sosial yang bisa lahir dari inisiatif sendiri ataupun dari brand
  • Komunitas memiliki soliditas yang tinggi sekaligus memiliki media komunikasi internal yang efektif
  • Note :disadur/dicopy  dari advertising – indonesia .id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *