TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SHOW DIRECTOR

Show director bisa dibilang merupakan otak dari sebuah acara. Dialah yang berperan penting dan mengatur agar segalanya berjalan sesuai rencana. Dia jugalah yang paling mengenal semua hal tentang acara yang sedang dibuat.

Yang pasti, seorang show director harus tahu maksud dan tujuan suatu acara dibuat. Penjelasan ini bisa didapatkan dari EO yang meng-hire atau kliennya secara langsung. Show director harus dapat menjiwai perannya, yang mana dengan mengetahui maksud dan tujuan acara, berarti selanjutnya kita dapat membuat batasan-batasan terkait mana yang perlu dan mana yang tidak. Selain itu, ia pun harus bisa membayangkan seperti apa acara yang akan berjalan nantinya, seperti apa musik dan pergerakan orang di atas panggung, termasuk segala kemungkinan trouble yang bisa saja terjadi di tengah berlangsungnya acara.

Berikut adalah job desk yang meliputi seorang show director:

  1. Perancang sebuah acara.
  2. Show director sesuai namanya, adalah yang melakukan pengarahan atas berjalannya acara.
  3. Mengepalai segala urusan yang termasuk dalam stage management.
  4. Show director bertemu dengan produser atau klien untuk mendapatkan sebanyak mungkin masukan, keinginan dan hal-hal yang tidak diinginkan klien.
  5. Show director bertugas dibantu oleh stage manager dan beberapa orang stage crew.
  6. Show director adalah orang dengan tanggung jawab tertinggi atas sebuah acara. Jadi, semua fasilitas acara mulai dari panggung, lighting, sound, video, hingga property lainnya yang berkaitan dengan konsep acara diatur oleh show director.
  7. Stage manager adalah wakil show director di atas panggung, yang memiliki kapasitas mengatur rehearsal, general rehearsal, memberikan brief teknis kepada stage crew dan lain-lain.
  8. Datang ke lokasi acara sebelum orang lain hadir di sana.
  9. Harus bisa memberikan contoh kedisiplinan kepada seluruh anggota. Misalnya saja, disiplin soal waktu.
  10. Harus bisa menjadi pemimpin yang baik dengan cara menerapkan kedisiplinan dalam berbagai hal tanpa terkesan bossy, melainkan lebih pada memberikan kesan ajakan untuk maju dan menjadi lebih baik bersama-sama.
  11. Lakukan rehearsal sebaik mungkin, setelah itu lakukan general rehearsal yang sama dengan acara.

Tugas show director memang berat dan paling banyak porsinya, namun terkadang tugas show director bisa menjadi mudah ketika hanya sebatas menjalankan show yang telah dibuat oleh orang lain.

 

Contac Us 

REDLINE COMUNICATION
(Event Organizer & Brand Communication)

IRFAN AFFANDI
(Business Contact)
Office : Jl.Prof. Dr. Hamka No 10 B { Depan Basko Mall }
Phone Office : 0751 447392
Email Office : redlinecomunication@gmail.com
Contact Person :  0811 66 35 28 / 0811 66 81 072
Pin BB :  54F8DAA6
Area Covered : All Sumatera – Indonesia

visit us on : www.redlinecomunication.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *