Konsep Event: Pengertian

Sedikit penjelasan awal apa itu Konsep. Berikut konsep menurut beberapa ahli :

  1. Woddruf mendefinisikan konsep sebagai suatu gagasan atau ide yang relatif sempurna, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian tentang suatu objek melalui pengalamannya
  2. Dari wikipedia bahasa indonesia, konsep merupakan abstrak, entitas mental yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan.
  3. Kamus bahasa Indonesia konsep adalah pembawa arti
  4. Soedjadi mendifinisikan konsep adalah ide abstrak yang digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata
  5. Sedangkan Bahri menjelaskan konsep adalah satuan ahli yang mewakili sejumlah objek yang memiliki ciri yang sama.

Bingung?? Ya sama saya juga bingung waktu pertama kali membaca mengenai arti konsep-konsep ini, ternyata tidak semudah saat meneguk secangkir kopi panas hihihi.

Untuk memudahkan, bagi teman-teman semua maka akan saya ringkas dengan kata-kata yang simple dan mudah dimengerti

Konsep event adalah ide dasar dari suatu acara yang melandasi setiap aspek kegiatan.

Masih belum mengerti? Oke akan saya coba gambarkan dalam bentuk cerita, menurut para ahli cerita akan lebih memudahkan daya tangkap sampai 30%

Rudi ingin mengadakan suatu acara atau event untuk bengkel mobilnya, dia ingin meningkatkan penjualan bengkel mobilnya, sekaligus agar lebih mengenalkan bengkel mobilnya ke masyarakat luas, maka dia menghubungi temannya yang sudah berpengalaman mengadakan event-event besar yang cukup sukses.

Maka teman bapak rudi ini merancang sebuah konsep untuk acara bapak Rudi konsepnya adalah Speed Lover atau bahasa Indonesianya adalah Pecinta kecepatan hal ini dipilih karena bengkel pak Rudi terkenal mampu men tune up mobil kliennya  lebih kencang dan modifikasi body ala mobil sport, selain itu kata kencang atau Speed terlihat keren dan brandingnya lebih kuat jika disandingkan dengan usaha bengkel, tentu tidak ada bengkel yang mempunya konsep pecinta IRIT!! Walau pun memang banyak yang menyukai keiritan tapi kata kencang lebih terlihat bagus bagi marketing.

Dari konsep ini maka acara dikembangkan.

  1. Acaranya berupa Open House Dealer/Gathering dealer, dengan mengundang Komunitas mobil, Konsumen setia, dan masyarakat umum.
  2. Bagi 20 pengunjung pertama yang hadir, mendapatkan diskon tune up. (kegiatan hard selling, berguna untuk meningkatkan penjualan, harus ada di setiap kegiatan atau event komersial)
  3. Dekorasi, Desain spanduk, X-banner, baju SPG dan MC dll merujuk kepada pit stop FI memiliki korelasi dengan kata Speed Lover
  4. Ada pertunjukkan test Dyno dari sebelum ditune up sampai setelah di tune up. Masih berkolerasi dengan Speed Lover.
  5. Ada hiburan band, tentu dengan lagu ber beat kencang.
  6. Media dan blogger otomotif diundang untuk mendapatkan publikasi (harus ada publikasi, bahkan kalo perlu mnimal 50 persen budgeting digunakan untuk publlikasi)
  7. Dll

Seperti itu lah proses terciptanya konsep dan acara suatu event yang ideal, dan seharusnya… semoga bisa memberikan pencerahan bagi teman-teman yang ingin menyusun suatu event.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *