Jenis Event Organizer, Apa Saja?

jenis event organizer

Event organizer atau yang biasa disebut EO, ternyata memiliki jenis yang lumayan banyak. Jenis ini didasari oleh spesifikasi event yang ditanganinya. Setelah mengenal apa sih itu event organizer pada postingan sebelumnya, mari kita bahas jenis-jenis event organizer berdasarkan klasifikasi dan jenis acara yang diselenggarakannya, agar pemahamanmu lebih dalam!

Nah, pertama mari kita bahas berdasarkan klarifikasinya menurut pandangan Suseno (2006) :

Berdasarkan klarifikasi :

Event organizer ini biasanya digandeng oleh perusahaan atau instansi khusus untuk mengelola event internal mereka. Karena padatnya jam kerja, perusahaan atau instansi tidak bisa membentuk panitia dan persiapan sebuah event. Oleh karena itu, biasanya event organizer akan mengelola mulai dari persiapan, penyelenggaraan hingga pasca event. Tapi, biasanya perusahaan telah memiliki standarisasi event tersendiri untuk di ikuti oleh event organizer.

Event organizer ini mengelola event program seperti showbiz, expo, kompetisi olahraga/otomotif. Event organizer ini akan mengelola mulai dari sponsor, perizinan, tempat pertunjukan, tingkat kebutuhan masyarakat, produksian hingga manajemen acara. Butuh waktu yang cukup lama untuk menjadi event organizer jenis ini karena untuk mendapatkan kepercayaan sponsor, jam terbang dan portfolio menjadi hal yang sangat penting, bisa saja memakan waktu kurang lebih 10 tahun.

Berdasarkan acara yang diselenggarakan :

Nah, setelah mengetahui jenis berdasarkan klasifikasinya. Selanjutnya kita bahas berdasarkan jenis acara yang diselenggarakannya, check this out!

Event organizer ini biasanya bisa menghandle seluruh jenis event baik itu dalam skala lokal, nasional ataupun internasional. Event organizer ini biasanya menghandle event secara keseluruhan baik itu produksi, promosi dan manajemen acara.

Event MICE (Meeting,Incentive,Conference,Exhibition) biasanya dilakukan oleh setiap perusahaan atau instansi. Event organizer ini biasanya berkolaborasi dengan perusahaan penyelenggara untuk mengonsepkan ide dari event mice.                                                                                                                                                        

Event organizer ini khusus bergerak untuk penyelenggaran pesta pribadi seperti resepsi pernikahan, ulang tahun, syukuran, perpisahan, reuni atau sejenisnya.

Event organizer yang secara spesifik membantu kliennya untuk mempromosikan dalam rangka peningkatan penjualan, peningkatan pengenalan merk di kalangan konsumen, dengan berinteraksi langsung ke target marketnya. Bentuk acara yang digelar antara lain seperti diskusi, seminar, talkshow, dialog.

Event organizer ini memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik (gigs), pameran seni dan budaya.

Nah, gimana? Udah paham kan jenis-jenis event organizer? Kalau kita, Redline Communication termasuk ke dalam event organizer one stop service. Ingin berkolaborasi dengan kami? Hubungi kami di kontak yang tertera pada kolom contact yaaaa!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat