Tips Suksesnya Event Organizer

startSuksesnya sebuah acara atau pagelaran tidak lepas dari kerja keras beberapa orang kreatif yang tergabung dalam satu tim atau lebih dikenal dengan EO atau Event Organizer. Berbicara tentang aktivitas EO, kegiatan tim yang cukup sulit. Mengemas acara yang baik dan di nikmati para tamu dan penyelenggara merupakan tantangan yang cukup besar. Dibutuhkannya ide-ide yang kreatif sehingga acara tidak membosankan.

EO atau Event Organizer tidak bisa di bangun hanya oleh satu orang saja, dibutuhkan kerjasama dan tim yang solid. Dengan adanya tim yang solid maka terwujudlah kerjasama dan segala hal menjadi lebih mudah. Dalam tim tidak hanya mengandalkan satu orang yang kompeten saja, tapi lebih kepada kerjasama dan sharing. Tim yang dibutuhkan merupakan orang-orang yang mau bekerja keras, tidak kenal waktu, pintar berkomunikasi, cekatan dan peka.

Kenapa harus memiliki kriteria tersebut? Karena acara yang kita siap kan untuk sehari penuh membutuhkan persiapan yang matang dan berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Selama persiapan itulah criteria di atas sangat dibutuhkan sampai hari “H” berlangsung.

Membuat sebuah acara, banyak hal yang dibutuhkan selain tim yang solid. Dibutuhkan dana untuk kelancaran acara. Maka, Sponsor adalah pilihan utama. Untuk mendapatkan sponsor yang menjadi kunci utama adalah komunikasi yang bagus dan membangun kepercayaan. Ini adalah kendala pertama bagi pelaku EO. Kalau kita bisa melakukan komunikasi yang baik maka akan terciptalah sebuah kerjasama dan akhirnya menumbuhkan kepercayaan. Tak hanya itu, proposal yang mumpuni merupakan nilai tambah dan keyakinan mereka kalau bekerjasama dengan mereka.

Membuat acara yang bagus dan berkualitas dalam waktu yang relative singkat, sebagai EO yang professional tidak bisa bekerja lambat. Semua harus cekatan, dari mulai mengurus sponsor, proposal, konsep acara, promosi, scenario, peralatan konsumsi dan lain-lain. Maka dari itu teamwork yang solid di tambah inovasi dan ide-ide kreatif dapat menghasilkan acara yang menarik.